Senin, 25 Juli 2011

Profil: Gianluigi Buffon (Juventus, Italia)

Buffon (Juventus, Italia)
Nama Lengkap: Gianluigi Buffon (Gigi Buffon)
Tempat, Tanggal Lahir: Carrarra, 28 Januari 1978
Tinggi: 191 cm
Karir Klub: AC Parma (1991-2001, 168 caps), Juventus (2001-sekarang, 275 caps)
Karir Timnas: Italia U-21 (1995-1997, 11 caps), Italia (1997-sekarang, 102 caps)

Anak pertama dari tiga bersaudara ini memang terlahir dari keluarga yang berlatar belakang olahraga. Ibunya Maria Stella merupakan mantan atlit lempar cakram Italia sedangkan ayahnya, Adriano Buffon adalah atlit angkat besi. Kedua adiknya pun merupakan atlit voli pantai Italia. Bahkan salah satu kiper legendaris Italia, Lorenzo Buffon masih punya hubungan arah dengan kakek Gigi. Saat ini Buffon bertunangan dengan model asal Ceko, Alena Seredova dan sudah memiliki 2 anak, Louis Thomas dan David Lee.

Buffon memulai karir juniornya di klub AC Parma pada tahun 1991 di usia 15 tahun. Banyak menempa ilmu di Parma, dia pun lulus akademi Parma pada tahun 1995 pada usia 19 tahun. Buffon memulai debutnya bersama tim senior Parma pada tanggal 19 November 1995 melawan AC Milan. Debutnya cukup bagus dengan berhasil menahan Milan 0-0. Suksesnya di Parma mencapai puncak di musim keempatnya pada tahun 1998-1999 kala membawa Parma juara Piala UEFA serta Coppa Italia. Musim 2000-2001, gosip kepindahan Buffon mulai beredar. Tim Ibukota Italia, AS Roma dikabarkan berminat pada kiper terbaik Italia ini, namun semua dibantah Buffon dan ia pun berlabuh ke Juventus sebagai kiper termahal di dunia dengan nilai transfer 32,6 juta euro.

Di Juventus, Buffon datang bersama 2 pemain lain setelah Juventus mendapat dana segar hasil penjualan Zinedine Zidane ke Real Madrid. Musim pertamanya di Juventus, ia menjadi langganan utama di starting eleven tampil sebanyak 45 kali di pertandingan resmi. Buffon langsung mempersembahkan scudetto di musim pertamanya. Buffon juga mengantar Juventus meraih juara Serie-A pada tahun 2002-2003 dengan 47 penampilan resmi. Ia juga berhasil menerobos final Liga Champion bersama Juventus pada musim yang sama, sayangnya di final, Juventus kalah adu penalti melawan rival sesama Italia, AC Milan. Di tahun 2003, ia mendapat gelar UEFA Most Valuable Player dan gelar Kiper Terbaik Eropa.

Buffon memulai karir di timnas pada tanggal 29 Oktober 1997. Saat itu ia berusia 19 tahun, berperan sebagai pengganti Gianluca Pagliuca yang cedera pada saat akan menghadapi play off Piala Dunia 1998 melawan Rusia. Tetapi, walaupun masuk dalam 23 pemain yang dibawa ke Prancis saat itu, dia tidak mendapat kesempatan bermain sekalipun. Buffon juga sebenarnya akan dijadikan kiper utama oleh Dino Zoff pada Piala Eropa 2000, tetapi beberapa hari sebelum turnamen digelar tangannya patah dan posisinya diganti oleh Francesco Toldo. Berbeda cerita pada tahun 2006 pada saat Piala Dunia digelar Di Jerman. Buffon tampil dalam performa yang luar biasa, hanya kebobolan 2 gol dan mencatat lima cleansheet. Buffon juga menjadi pahlawan dalam pertandingan final PD 2006 tepatnya ketika berlangsungnya adu penalti usai Perancis menahan imbang Italia 1-1. Buffon berhasil menahan tendangan David Trezeguet dan dengan penalti dari Fabio Grosso, akhirnya Italia berhasil menjadi juara dunia 2006. Dari prestasinya tersebut, Buffon kemudian mendapat anugerah Penghargaan Lev Yashin karena tampil luar biasa selama tahun 2005-2006. Barulah pada tahun 2010, di saat Piala Dunia Afrika Selatan digelar, karir Buffon menukik tajam karena cedera bahu yang dia alami di pertandingan pertama melawan Paraguay. Posisinya digantikan oleh Federico Marchetti. Hal ini menyebabkan Italia tersingkir di babak penyisihan.

Di luar lapangan, Buffon membuka sebuah restoran Di Kota Pistoia dan sebuah sauna Di Ronchi bernama "La Romanina". Buffon juga menjadi bintang iklan dari perusahaan poker online bernama PokerStars, diperkirakan setiap tahunnya Buffon menerima keuntungan sebesar 1 juta Euro dari kontrak yang pertama kali ia tandatangani di tahun 2009.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar